Our social:

Sabtu, 23 Februari 2019

Pilihan Menu Mpasi 6 Bulan untuk Penuhi Kebutuhan Nutrisi Si Kecil


Mpasi 6 bulan
merupakan tahapan lanjutan bagi si kecil. Apabila sejak usia 0 bulan hingga 6 bulan ini si kecil hanya membutuhkan ASI, maka ketika memasuki usia 6 bulan sudah harus diperkenalkan dengan makanan lainnya. Semakin bertumbuh dan berkembang, si kecil membutuhkan asupan nutrisi dan gizi yang berbeda. Jadi penting bagi Anda untuk memperhatikan menu Mpasi untuk anak.

Bagi Anda yang belum berpengalaman menyajikan Mpasi untuk anak tentu bingung harus memulai dari mana. Banyaknya saran dari berbagai sumber seringkali membuat Anda dilema. Nah, jika masih bingung, berikut akan kami informasikan seputar menu Mpasi 6 bulan untuk si kecil.

Untuk Menu Sarapan

Sama halnya orang dewasa, bayi berusia 6 bulan juga membutuhkan sarapan. Menunya lebih ringan dibandingkan menu untuk makan siang.

Anda bisa mulai memberikan sajian pepaya atau pisang murni. Pastikan buah yang dipilih masih segar dan matang. Jangan lupa dicuci terlebih dulu sebelum dikupas, ini untuk menghilangkan bakteri atau kuman yang mungkin saja menempel pada bagian luar buah. Setelah itu Anda bisa mengeroknya dengan sendok, masukkan ke dalam mangkuk dan haluskan.

Selain pisang dan pepaya, tomat juga dapat dijadikan alternatif sarapan untuk si kecil. Usahakan memilih buah yang matang, cuci hingga bersih dan rendam di dalam air mendidih. Setelah itu bisa dikupas kulitnya lalu diambil sari tomatnya. Langkah terakhir adalah mengencerkannya dengan air matang.

Untuk Menu Makan Siang

Mpasi 6 bulan untuk makan siang bisa memanfaatkan bahan-bahan makanan yang agak berat. Bisa nasi, susu, maupun tepung beras.

Anda bisa mengolahnya menjadi bubur susu. Caranya cukup mudah, campurkan gula pasir 1 sendok makan, tepung beras 1 atau 2 sendok makan (secukupnya), serta susu formula 5 sendok makan (cairkan terlebih dulu). Setelah tercampur rata, masak dengan api kecil sembari diaduk-aduk.

Selain bubur susu, buah jeruk juga dapat menjadi pilihan. Pilihkan buah jeruk yang rasanya manis. Setelah itu belah buah jeruk dan peras. Cicipi sedikit saja untuk memastikan bahwa sari jeruk sudah manis. Jika masih terasa masam, masukkan sedikit gula.

Untuk Menu Makan Malam

Makan malam menjadi kesempatan bagi Anda untuk mengenalkan makanan yang mempunyai banyak rasa. Misalnya nasi tim campur brokoli atau nasi tim campur.

Untuk membuat nasi tim campur brokoli, Anda bisa membuat bubur encer yang berbahan beras putih. Tambahkan jagung, brokoli serta beberapa suwiran ayam (haluskan dulu). Selanjutnya masak hingga matang. Oia, jika sesekali anak merasa bosan dengan brokoli, Anda bisa menggantinya dengan wortel atau sayuran lainnya.

Sementara itu, untuk membuat nasi tim campur (biasa), Anda juga perlu membuat bubur encer dari beras putih. Masukkan sayur sawi yang sudah direbus, tambahkan sedikit garam serta suwiran ayam yang sudah dihaluskan. Selanjutnya tinggal dimasak hingga matang.

Demikianlah beberapa informasi seputar menu Mpasi 6 bulan yang dapat Anda sajikan untuk si kecil. Perlu diketahui bahwa si kecil membutuhkan nutrisi dan gizi yang cukup untuk mengoptimalkan daya tumbuh kembangnya. Oleh karena itu upayakan untuk rajin menyajikan menu Mpasi untuk anak. Jika anak menunjukkan GTM atau gerakan menutup mulut, itu artinya anak tengah bosan dengan menu yang disajikan. Untuk itu mulailah mengkreasikan menu mpasi untuk si kecil agar si kecil tumbuh dengan sehat dan cerdas.

0 komentar:

Posting Komentar