Our social:

Rabu, 17 Oktober 2018

5 Tips Melakukan Investasi Reksadana Pendapatan Tetap



Reksadana pendapatan tetap
merupakan salah satu pilihan bentuk investasi yang saat ini banyak dilakukan oleh masyarakat di Indonesia. Reksadana itu sendiri memang merupakan jenis investasi yang banyak difavoritkan. Kenapa? Karena memang investasi reksadana bisa memberikan keuntungan yang maksimal dan bisa dimulai dengan modal yang tergolong ringan.

Investasi reksadana juga bisa menjadi pilihan investasi bagi anda yang baru ingin memulai berinvestasi. Investasi ini cocok dilakukan oleh para pemula karena tergolong aman untuk dilakukan. Meskipun begitu, perlu diketahui bahwa investasi jenis ini juga masih memiliki resiko sehingga anda tetap harus berhati-hati. Jika memang belum paham, mintalah bantuan pihak yang lebih berpengalaman.

Investasi reksadana itu sendiri terbagi menjadi beberapa jenis dan salah satunya adalah reksadana pendapatan tetap. Sesuai dengan namanya, investasi reksadana ini memberikan investor pendapatan yang tetap namun dalam bentuk kupon. Instrumen yang digunakan dalam investasi reksadana pendapatan tetap adalah obligasi dan jika sudah jatuh tempo bisa diinvestasikan lagi.

Tips Berinvestasi Reksadana Pendapatan Tetap
Melakukan investasi memang tidak sulit tapi juga tidak bisa dikatakan mudah. Dengan melakukan investasi berarti anda menggantungkan harapan anda lewat modal yang sudah anda tanamkan. Jika anda tidak mau rugi, maka anda harus benar-benar cermat dan teliti dalam melakukan investasi.

Agar investasi reksadana bisa anda lakukan dengan aman, berikut ada 5 tips berinvestasi reksadana yang bisa anda perhatikan :

1.    Pelajari Dulu
Sebelum mengambil investasi reksadana pendapatan tetap, coba pelajari dulu apa sebenarnya investasi ini. Anda tidak bisa langsung melakukan investasi padahal anda sama sekali tidak tahu investasi apa yang akan anda ambil. Carilah informasi sebanyak-banyaknya tentang jenis investasi reksadana pendapatan tetap.

2.    Sesuaikan Jumlah Modal
Sebelum berinvestasi anda tentu harus mempertimbangkan jumlah modal yang anda miliki. Coba perhatikan berapa anggaran modal anda dan periksa kembali apakah modal tersebut bisa digunakan untuk berinvestasi reksadana pendapatan tetap. Satu hal penting yang perlu diperhatikan sebelum anda berinvestasi adalah pastikan dana anda mencukupi untuk dijadikan modal.

3.    Pahami Resikonya
Setiap jenis investasi selalu memiliki resiko. Sebelum yakin berinvestasi, cobalah untuk memahami apa saja resiko yang akan anda hadapi jika anda mengambil investasi tersebut. Untuk jenis investasi reksadana pendapatan tetap, resikonya memang tidak begitu tinggi namun juga tidak bisa dibilang kecil atau dengan kata lain resikonya menengah.

4.    Bandingkan dengan Investasi Lain
Sebelum mengambil pilihan investasi dan mengeluarkan modal, jangan lupa cari perbandingan. Coba bandingkan investasi reksadana pendapatan tetap dengan jenis investasi yang lain. Dengan melakukan perbandingan maka anda bisa menentukan jenis investasi apa yang paling menguntungkan bagi anda dan investasi apa yang paling sesuai dengan kebutuhan anda.

5.    Perkirakan Keuntungan Anda
Selain memiliki resiko, setiap jenis investasi juga memiliki keuntungan masing-masing. Cobalah untuk mengevaluasi apakah investasi reksadana pendapatan tetap bisa memberikan keuntungan yang sesuai dengan harapan anda. Jika memang menurut anda investasi ini menguntungkan maka segera ambil pilihan dengan catatan anda sudah memahami resiko yang menyertainya.

Itulah tadi 5 tips yang bisa anda lakukan jika anda akan mengambil investasi reksadana pendapatan tetap. Jika memang anda belum paham betul dengan jenis investasi ini maka jangan ragu untuk bertanya atau berkonsultasi dengan pihak yang sudah lebih berpengalaman. Pastikan anda sudah mempertimbangkan segala kemungkinan dan pastikan anda memang mengambil keputusan investasi yang tepat.

0 komentar:

Posting Komentar