Our social:

Jumat, 11 Oktober 2019

Kenali Perubahan Tubuh di Usia Kehamilan 33 Minggu


Memasuki usia kehamilan 33 minggu, janin sudah berkembang jauh hingga memiliki panjang badan kira-kira 44 cm yang diukur dari ujung kepala hingga ke ujung tumit. Berat janin 33 minggu sekitar 1,9 kilogram, kira-kira sebesar buah nanas. Pada minggu tersebut paru-paru janin sudah terbentuk sempurna, dan sudah memiliki sistem kekebalan tubuhnya sendiri serta lemak sebagai penghangat.

Perubahan Tubuh Ibu Hamil

Semakin berkembangnya ukuran dan alat-alat tubuh pada janin tentunya juga membuat perubahan pada tubuh ibu hamil. Ibu hamil tidak perlu khawatir akan hal ini dan hadapi saja dengan menikmati masa-masa kehamilan dan masa menuju persalinan. Perubahan pada tubuh yang terjadi pada usia kehamilan 33 minggu antara lain:

1.   Mengalami kepanasan

Kepanasan akan dialami ibu hamil menjelang persalinannya. Hal ini dikarenakan tubuh ibu hamil memasok lebih banyak darah sebagai kebutuhan janin yang dikandungnya. Bisa saja ibu hamil merasakan kegerahan tanpa sebab karena memang temperatur tubuh meningkat seiring adanya peningkatan pasokan darah.

2.   Sesak napas

Sesak napas merupakan perubahan keadaan tubuh selanjutnya yang dapat dialami ibu hamil. Bertambahnya berat janin 33 minggu membuat tubuh juga mengalami lebih banyak tekanan baik pada paru-paru maupun pada diafragma. Hal tersebut terkadang menjadi masalah bagi banyak ibu hamil selama masa perkembangan janin.

3.   Mati rasa pada tangan

Akibat adanya panas tubuh yang meningkat serta napas yang menjadi sesak, ibu hamil dapat mengalami mati rasa pada bagian jari dan pergelangan tangan. Mati rasa tersebut diakibatkan oleh cairan yang menumpuk pada pergelangan tangan. Kondisi tersebut dapat menyebabkan rasa sakit dan nyeri jika saraf pada pergelangan tangan terjepit.

Pahami Perkembangannya

Dengan memahami perkembangan bayi, ibu hamil dapat melakukan hal yang dapat meningkatkan kinerja alat vital bayi. Bayangkanlah hal yang ibu lakukan sekarang akan berdampak pada perkembangan bayi 1 tahun, misalnya. Contohnya, pada usia kehamilan 33 minggu, otak bayi mengalami puncak perkembangannya.
Ibu dapat melakukan banyak stimulasi agar otak berkembang lebih baik dan nantinya ketika lahir, anak bisa berkembang dengan baik dan menjadi anak yang cerdas.

0 komentar:

Posting Komentar