Our social:

Kamis, 22 Agustus 2019

Liburan dengan Bujet Terbatas di Solo? Kunjungi 3 Tempat Wisata Berikut

Bicara soal liburan, orang kerap mengaitkannya dengan berapa besar biaya yang harus dikeluarkan. Tak hanya transportasi, Anda juga harus menyiapkan dana untuk booking hotel di solo, makan, tiket tempat wisata, dan biaya tak terduga lain. Padahal, jika tahu cara yang tepat, Anda bisa menghemat pengeluaran wisata. Salah satunya dengan mengunjungi berbagai tempat wisata murah.

Nah, jika ingin liburan ala backpacker di Kota Liwet dengan bujet terbatas, Anda bisa menjadikan tempat wisata di Solo berikut sebagai tujuan utama.

1.      Taman Sriwedari
Taman yang berada di Jalan Slamet Riyadi No. 275 ini merupakan salah satu destinasi murah di Kota Solo. Diresmikan pada 1 Januari 1902 oleh Pakubuwono X, Taman Sriwedari dulunya dikenal sebagai kawasan hiburan sekaligus peristirahatan bagi keluarga kerajaan. Namun, seiring berjalannya waktu, taman ini berkembang menjadi objek wisata umum di Surakarta.

(sumber : nativeindonesia.com)
Di Taman Sriwedari, Anda bisa menemukan sebuah kompleks dengan bangunan pendopo dan gerbang taman yang memiliki arsitektur Jawa khas. Tak hanya bangunan memikat, berbagai pertunjukan tradisional seperti wayang orang dan tari daerah kerap disuguhkan sebagai hiburan di sini. Lelah berkeliling taman, Anda bisa bertandang ke kios-kios suvenir untuk membeli kerajinan tradisional sebagai kenang-kenangan atau buah tangan.

2.      Galabo Solo
Meski liburan dengan bujet terbatas, bukan berarti Anda harus melewatkan kesempatan untuk mencicip beragam kuliner lezat khas Solo. Ingin lebih hemat dan banyak pilihan, Anda bisa berkunjung ke Galabo, sebuah sentra kuliner populer di Kota Surakarta. Galabo merupakan singkatan dari Gladag Langen Bogan. Lokasinya berada dekat Benteng Vastenburg. Dari kawasan ini, Anda dapat mengakses beberapa destinasi populer di sekitar, seperti Pusat Grosir Solo (PGS) dan Beteng Trade Center.

(sumber : joss.co.id)
Galabo mulai buka di sore hari, sekitar pukul 17.00 sampai 23.00 WIB. Di sini, Anda bisa menikmati aneka kuliner menggugah selera, seperti timlo, gudeg ceker, tahu kupat, wedang ronde, satai kere, atau rawon penjara. Harganya jelas sangat terjangkau! Sambil menyantap makanan, Anda bisa menikmati suasana malam Kota Solo diiringi musik dan lagu dari para musisi lokal.

3.       Kampung Batik Kauman
Bicara tentang Solo, pasti tak lepas dari kain tradisional batiknya yang khas. Salah satu kawasan di Surakarta yang terkenal dengan batiknya adalah Kampung Batik Kauman. Kampung ini merupakan sebuah sentra penjualan batik di Solo. Jadi, bagi yang ingin belanja batik, Anda bisa datang ke sini.

(sumber : cintapekalongan.com)
Nikmati suasana perkampungan dengan toko-toko yang menawarkan batik penuh corak dan warna. Selain melihat-lihat dan belanja, Anda bisa mengabadikan setiap sudut unik kawasan ini yang dipenuhi gang dan toko berplang. Tak cukup mengambil foto, Anda juga berkesempatan untuk bertanya sekaligus menyaksikan proses pembuatan batik secara langsung untuk memperkaya wawasan.

Tertarik belajar membatik? Anda bisa melakukannya di salah satu toko dengan membayar biaya tertentu. Namun, jika hanya sekadar ingin jalan-jalan santai di kampung wisata batik ini, Anda tidak perlu mengeluarkan biaya sepeser pun.

Selain tiga rekomendasi tempat wisata murah di Solo tadi, masih ada beberapa objek wisata yang cocok dituju para backpacker. Sebut saja Pura Mangkunegaran, Ngarsopuro Night Market, Keraton Kasunanan Surakarta, dan Taman Balekambang. Ingin sekadar berkeliling Solo tanpa harus merogoh kocek dalam? Anda bisa mencoba naik bus tingkat wisata Werkudara.

Untuk menunjang wisata hemat selama di Solo, ada baiknya Anda mencari hotel murah di kota ini. Salah satu cara mudahnya adalah memesan hotel di Solo melalui Airy. Selain nyaman dengan fasilitas memadai, hotel-hotel ini menawarkan harga bersahabat.


Selamat backpacker-an ke Solo!

0 komentar:

Posting Komentar