Our social:

Rabu, 05 Juli 2017

Ini Macam Lauk Yang Cocok Untuk Beras Merah Untuk Diet


Sebagai orang Indonesia, tentunya mengkonsumsi nasi putih telah menjadi salah satu bagian dari kehidupan sehari-hari. Nasi putih, apalagi jika disantap dalam keadaan hangat memang terasa sangat lezat. Bahkan bisa dibilang bahwa Anda tidak bisa dibilang “sudah makan” jika tidak ada nasi putih dalam menu Anda. Itulah mengapa nasi putih bisa menjadi cobaan tersendiri dan cukup berat bagi
Anda yang tengah melaksanakan diet. Nasi putih mengandung kadar glukosa yang sangat tinggi sehingga dapat mempengaruhi kadar gula dalam darah, dan mengakibatkan penumpukan lemak menjadi lebih cepat. Maka dari itu, sebagai pengganti beras putih, banyak ahli diet lebih menyarankan Anda untuk mengkonsumsi nasi yang terbuat dari beras merah. Apa sih keunggulan dari beras merah dan apa saja lauk yang cocok untuk beras merah untuk diet?

Pertama kali Anda mencoba beras merah, reaksi pertama yang Anda tunjukkan pasti, YUCK! Rasa nasi merah yang kesat dan hambar memang jauh berbeda dibandingkan dengan nasi putih yang pulen dan manis. Akan tetapi, di balik rasa nasi merah yang aneh itu tersembunyi manfaat yang justru sangat baik untuk kesehatan, lho. Rasa kesat pada beras merah berasal dari kulit beras yang memang dibiarkan melekat pada bulir beras, dan kulit beras tersebut mengandung kadar serat tinggi.
\
Kandungan high fibre yang terdapat pada kulit beras itu sangat bagus untuk kesehatan usus Anda, lho. Pastinya tahu dong fungsi utama dari serat? Yup, Anda dapat seratus! Serat berfungsi untuk membantu memperlancar pencernaan dan mencegah masalah-masalah pencernaan seperti konstipasi atau diare. Selain itu, serat juga termasuk zat makanan yang paling lama diserap oleh tubuh sehingga membuat perut Anda terasa kenyang lebih lama. So, bagi Anda yang masih sering nambah makan atau mengemil setelah makan, coba deh mengganti menu nasi putih Anda dengan beras merah. Pasti deh kerasa bedanya!
\
 Perbedaan lain yang dijamin membuat Anda convert secepat kilat untuk mengkonsumsi beras merah adalah, kandungan glukosa yang terkandung di dalam bulir-bulir beras merah lebih sedikit dibandingkan dengan glukosa pada beras putih. Dengan kata lain, dengan rutin mengkonsumsi nasi merah Anda tidak hanya terhindar dari resiko obesitas, ancaman diabetes pun bisa Anda hindari.

Dan menyantap nasi  beras merah sebenarnya tidak seseram yang Anda pikirkan kok. Nasi beras merah bisa disandingkan dengan berbagai macam lauk-pauk. Tapi, hanya karena Anda sudah mengganti nasi Anda ke nasi beras merah bukan berarti Anda bisa memakannya dengan lauk-pauk gorengan dan berlemak tinggi. Lauk pendamping Anda makan pun harus memiliki kandungan gizi yang baik sehingga tubuh Anda menjadi lebih sehat, dan langsing.

Contohnya nih, sayuran segar. Sayuran segar tidak hanya memiliki kandungan serat tinggi yang dapat membantu memaksimalkan asupan serat dalam tubuh, tetapi juga mengandung berbagai macam nutrisi makanan penting seperti asam folat dan kalsium. Anda dapat mengolah sayur-sayur tersebut dalam bentuk sayur bening, sop, atau bahkan yang lebih baik, dalam bentuk sayuran mentah seperti lalapan atau urap-urap.

Selain itu, Anda juga dapat menambahkan lauk produk hewani yaitu telur ayam rebus. Mengapa harus direbus? Well,  dibandingkan dengan telur yang digoreng, telur rebus memiliki kandungan protein yang lengkap tanpa adanya ‘zat tambahan’ seperti minyak dan garam yang dapat mengakibatkan penambahan lemak jahat di dalam tubuh. Lagipula, telur rebus memiliki rasa yang lebih gurih lho dibandingkan dengan telur goreng.

Lauk tempe juga bisa Anda sertakan saat menyantap beras merah. Kedelai yang menjadi bahan utama dari tahu tempe memiliki kandungan protein, vitamin dan mineral yang sangat tinggi. Idealnya sih, cara mengolah tempe yang baik agar kandungan protein di dalam kedelai tidak hilang adalah dengan cara mengkukusnya. Tapi, jika Anda kurang terbiasa dengan tempe kukus Anda dapat menggoreng tempe dengan bumbu garam. Hanya saja, be considerate ya! Jangan menggunakan minyak dan garam yang terlalu banyak sehingga tidak terlalu banyak garam atau lemak jahat yang memasuki tubuh Anda.

Ternyata cukup banyak kan lauk yang cocok untuk dimakan bersama beras merah?


http://binaragaindonesia.com/artikel/4-lauk-pendamping-program-diet-dengan-beras-merah/

0 komentar:

Posting Komentar