Our social:

Sabtu, 22 April 2017

Go Ahead "Nanti Juga Lo Paham Challenge"


Saat perjalanan menuju kota Bandung melalui jalur Puncak, di jembatan penyeberangan Pasar Cipanas, Cianjur, saya melihat billboard besar A Mild yang desain visualnya belum pernah saya lihat sebelumnya.

Desain visualnya yang sangat menarik dan terlihat sangat kontras di siang hari dan malam hari. Sambil maju perlahan karena sedikit agak macet, saya mencoba menafsirkan apa maksud dari iklan pada billboard backlite Go Ahead sambil menengok ke arah atas dengan saking seriusnya. Iklannya sebetulnya sederhana, khas A Mild. Hanya ada tulisan dari tag line baru “Go Ahead” dalam bentuk huruf yang sangat familiar banyak yamg kita temukan. Ada beberapa unsur dari iklan tersebut yang saya dapatkan :

Tag line “Go Ahead” dengan huruf “A” berbentuk sama dengan “A” pada logo A Mild, sangat jelas menunjukkan merek pemilik tag line, yaitu A Mild.

Kalimat “Go Ahead” sendiri berasal dari bahasa Inggris yang berarti “Ayo Maju”. Kalimat ini merupakan kalimat seru yang memiliki beberapa makna (menurut saya): Penyemangat diri untuk maju/bergerak. Mungkin maknanya    bagi internal perusahaan Sampoerna adalah untuk terus maju selalu berinovasi dalam rangka mempertahankan posisi market leader atau Penyemangat diri untuk maju/bergerak. Mungkin bagi konsumen, adalah untuk mencitrakan sebagai individu yang bersemangat untuk maju menghadapi segala tantangan yang ada demi mencapai tujuan.

Sejak kemunculannya pertama kali, A Mild memang sudah memicu kontroversi. Di saat produsen rokok yang lain memperkaya konten, A Mild malah ‘mengurangi’ konten dan muncul sebagai produk LTLN. Awal mula kemunculannya adalah masa yang sulit. Memperkenalkan sesuatu yang baru, apalagi kepada mayoritas yang masih menganut rokok harus ‘berat’, adalah pekerjaan yang berat dan perlu strategi khusus jika tidak mau hasil risetnya hanya berlalu menjadi sejarah. Secara bertahap, A Mild mampu meraih kesuksesan. Sebagai first mover, teori menyebutkan pasti akan ada second mover dan selanjutnya. Akhirnya muncul juga produk LTLN seperti LA Lights, Bentoel Mild, Star Mild, Class Mild, X Mild, Surya Pro Mild, dll dengan beberapa strategi iklannya yang mengikuti gaya iklan A Mild.

Merasa pioneer, A Mild pernah memiliki tag line ”How Low Can You Go” yang bermakna sebuah pertanyaan retoris/tantangan tentang seberapa rendah kadar tar dan nikotin yang bisa dicapai oleh pesaing. Apakah bisa menyamai atau lebih rendah dari A Mild? Hal ini untuk menantang produk competitor yang waktu itu masih bermain di jenis rokok ‘berat’.

Nah sekarang di tahun 2017 Go Ahead ada lagi tag line yang baru yaitu “Nanti Lo Juga Paham” apa sih dari makna ini, sampai sekaramg nanti juga lo paham challenge masih ramai bicarakan. Bahkan jika anda meliahat iklan sponsor di TV tentang Go Ahead pasti anda akan menemukan kata-kata Nanti Lo Juga Paham” ini adalah sebiah challenge kepada masyarakat apa maksud dari kata tersbut.
Akankah ada kejutan dari Go Ahead? Kita nantikan saja apa sebenarnya dari tag line tersebut.

Jika anda membuka websitenya Go Ahead juga akan menukan nanti juga lo paham challenge dengan kontes upload foto dan foto anda akan tertulisan dan Logo A yang menandakan itu A Mild dan tulisan “nanti lo juga paham”.

Apapun, saya sebagai audiens hanya bisa mengamati sambil menikmati karya kreatif biro iklan dan bagian pemasaran dari perusahaan-perusahaan yang terus bersaing tersebut entah sampai kapan. Tak lupa sambil terus menafsirkan makna yang terkandung didalamnya.


Saya sendiripun sebenarmya bingung dengan tujuan dari GO Ahead ini. Bagaiaman dengan dengan kalian apakah kaliah sudah memahaminya, yuk tulis di komentar di bawah ya. 😊

0 komentar:

Posting Komentar