Our social:

Sabtu, 18 Maret 2017

Pantau Pilkada DKI 2017 di Okezone.com

Perpolitikan di Indonesia tahun 2017 semakin memanas saja, ya juga namanya politik banyak sekali perdebatan yang membuat perpolitikan Indonesia semakin menjadi-jadi. Apalagi adanya kampanye Pilkada DKI 2017 Okezone, Pilkada serentak pda 2017 mendatang terdiri dari 76 kabupaten, 18 kota atau 101 daerah, dan 7 provinsi yang kemarin pilkada DKI 2017 putaran pertama dilaksanakan tanggal 15 februari kemarin.


Namun banyaknya partai politik di Indonesia hanya pilkada DKI Jakarta yang menampilkan 3 calon pasangan yang banyak mendapat sorotan lebih dari masyarakat Indonesia terbihnya warga Jakarta sendiri.

Hal ini sangat dicermati oleh Direktur Eksekutif Perkumpulan Pemilu untuk Demokrasi, Titi Anggriani menyatakan sebagai masyarakat Indonesia sangat terfokus atas pertarungan pilkada DKI pada tahun ini untuk memperebutkan kursi Jakarta satu.

“jelasnya saat ditemui di kawasan Menteng, Jakarta. “Memang benar hal ini menjadi barometer nasional, tetapi masih ada pilikada yang lainnya yang harus diawasi betul dalam pelaksanaanya”
Dirinya tidak menampik bahwa dirinya tokoh Nasional di Polkada DKI Jakarta, membuat pertarungan semakin sengit dan seru bagi partai politik di Indonesia, hal ini menjadi dorongan tersendiri untuk pileg dan pilpress pada tahun 2019 nanti.

Akan tetapi ada hal lain yang yang sering luput dari pandangan masyarakat Indonesia, yaitu 100 daerah lainnya yang mempunyai konstelasi politik yang lebih mengkhawatirkan ketimbang kampanye pilkada DKI 2017 Okezone. Sebut saja pilkada di Provinsi Aceh yang juga dilakukan secara serentak akan di gelar di 21 kabupaten dan satu pemilihan Gubernur.

Sepanjang sejarah kepemiluan di Aceh dicatat setidaknya terjadi kerawanan yang cukup tinggi, baik itu dari faktor penyelenggaranya sendiri maupun faktor-faktor lainya.

Pesta demokrasi di DKI Jakarta tinggal satu bulan lagi untuk memasuki pilkada DKI putaran ke 2 bertepatan pada tanggal 19 april 2017. Pilkada ini merupakan pemilihan pemimpin daerah ketiga bagi Jakarta sendiri dengan dilakukan secaara langsung menggunakan sistem pencoblosan.

Jadwal pemilihan periode ini dimajukan, tidak seperti tahun kemarin yang dilaksanakan pada 11 juli  karena mengikuti jadwal pilkada serentak gelombang kedua pada tahun 2017. Berdasarkan peraturan yang sudah di tetapkan hanya partai politik yang memiliki 22 kursi atau lebih di DPRD Jakarta yang dapat mendapatkan kandidat.

Adapun beberapa partai politik yang masih belum memenuhi syarat maka partai bisa mendapat dukungan partai lainnya untuk bisa menjadi kandidat pilkada di Jakarta pada tahun ini.
Adapaun yang ramai saat kampanye pilkada dilaksanakan adalah pada saat debat calon yang bisa di tonton oleh seluruh masyarakat Indonesia.

Berikut daftar debat calonn yamg diselenggarakan selama kampanye pilkada DKI 2017 Okezone putaran pertama dan putaran ke dua. Yaitu pada tanggal 13 januari 2017, 27 januari 2017, dan 10 februari 2017 yang sudah dilaksanakan bulan kemarin, dan sedangkan untuk pilkada putaran ke dua debat calon dilaksanakan pada tanggal 12 april 2017 mendatang.

Anda yang ingin menyaksikan perdebatan panas antar calon pilkada DKI 2017 bisa menyaksikan secara live di stasiun TV penyelenggara sperti CNN Indonesa, SCTV, Jak TV, dan Kompas TV.
Debat terakhir kemarin tiga calon gubernor DKI Jakarta Agus, Ahok, dan Anies akan membicarakan tema  kependudukan dan salah satu tantangan terbesar adalah kepadatan penduduk ibu kota yang semakin macet dan semarawurt.

Oleh karena itu jangan sampai ketinggalan untuk menyaksikan perdepatan panas pada tanggal 12 april 2017 untuk memastikan siapa pilihan anda yang tepat untuk menjadi gubernur DKI Jakarta pada tahun 2017-2022.

0 komentar:

Posting Komentar